Uncategorized

Contoh Teks Diskusi tentang Pembelajaran Virtual Jarak Jauh

Teks diskusi merupakan hal lumrah yang sering ditemukan dalam beberapa kelas akademik. Sehingga banyak orang yang tertarik mencari salah satu contoh teks diskusi tentang pembelajaran virtual jarak jauh sebagai bahan untuk analisis.

Secara umum, teks diskusi merupakan salah satu bagian dari banyaknya jenis teks yang ada dalam kaidah penulisan bahasa Indonesia. Sesui namanya, teks ini nantinya akan bisa digunakan sebagai panduan dan sarana untuk melakukan diskusi dengan pihak-pihak tertentu.

Teks narasi diskusi secara umum tidak terlalu jauh berbeda dengan teks-teks pada umumnya. Hanya saja teks jenis ini memiliki struktur yang lebih ringkas apabila dibandingkan dengan teks pada umumnya.

Apa Itu Teks Diskusi?

Sebelum membahas secara lebih detail terkait dengan contoh dari teks diskusi, terlebih dahulu perlu diketahui apa itu teks diskusi. Tujuannya adalah agar pemahaman dan pengetahuan seputar teks diskusi akan menjadi lebih mendalam.

Singkatnya, teks diskusi adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai suatu masalah atau isu tertentu yang didalamnya disertai dengan argumen. Jenis argumen yang digunakan bisa berupa persetujuan ataupun pertentangan dengan isi isu yang disampaikan.

Teks diskusi juga bisa dimaknai sebagai suatu bentuk kegiatan wicara. Pasalnya, saat terjadi diskusi pun Anda akan bisa memperluas pengetahuan dan juga mendapatkan banyak pengalaman baru.

Teks narasi diskusi ini nantinya bisa Anda gunakan saat tukar pikiran, gagasan, dan ataupun bahkan juga pendapat dengan dua orang atau lebih secara lisan. Jadi, teks diskusi tidak hanya terbatas pada satu atau dua orang saja penggunaannya.

Mengingat bahwa teks ini memuat argumen baik yang pro ataupun kontra dengan isu yang diangkat, banyak yang menganggap bahwa teks ini hampir sama dengan debat. Secara sekilas memang bisa dianggap demikian terlebih jika masing-masing peserta diskusi membawa argumen tersendiri dalam proses diskusi tersebut.

Pada umumnya, teks diskusi ini akan diakhiri dengan bagian simpulan atau rekomendasi yang disampaikan oleh penulis. Simpulan atau rekomendasi ini tentunya didasarkan pada argumen-argumen yang sudah diungkapkan sebelumnya.

Tujuan Dari Penggunaan Teks Diskusi

Setelah mengetahui apa itu teks diskusi, Anda juga perlu mengetahui tentang tujuan dari penggunaan teks diskusi. Tujuan utama dari sebuah teks diskusi adalah mencari kesepakatan dan kesepamahaman gagaasan ataupun pendapat dari dua orang atau lebih yang terlibat di dalam suatu kegiatan diskusi tersebut.

Ketika diskusi dilakukan dengan melibatkan beberapa orang, umumnya dikenal dengan sebutan diskusi kelompok. Agar kegiatan diskusi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan optimal tentunya akan membutuhkan seorang pemimpin yang berperan sebagai ketua diskusi.

Nantinya ketua diskusi akan memiliki tugas dan peran untuk membuka serta menutup proses jalannya diskusi yang sedang dilakukan. Selain itu, ketua diskusi tersebut juga perlu menengahi anggota yang melakukan debat kusir, serta menarik kesimpulan dari apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Struktur Penulisan Teks Diskusi

Seperti jenis teks pada umumnya, teks diskusi ini juga mempunyai struktur tertentu yang menjadi ciri khasnya. Secara umum, teks diskusi terdiri dari tiga unsur utama yakni isu, argumentasi, dan juga kesimpulan.

1. Struktur Teks Diskusi : Bagian Isu

Bagian struktur yang pertama harus ada di dalam teks diskusi adalah bagian isu. Perlu Anda ketahui, isu merupakan masalah utama yang nantinya akan menjadi subjek pembahasan kegiatan diskusi tersebut.

Tentunya ada banyak isu yang bisa dibahas terutama isu-isu terkini yang menyita perhatian publik. Salah satunya adalah terkait dengan contoh teks diskusi tentang pembelajaran virtual jarak jauh yang belakangan dijalankan oleh Pemerintah.

Umumnya, hampir semua bidang bisa dijadikan sebagai landasan isu. Kemudian nantinya bisa didiskusikan secara bersama-sama sehingga bisa ditemukan solusi terbaiknya. Untuk membuat jalannya diskusi menjadi menarik, umumnya akan dipilih isu-isu terkini yang sedang hangat menjadi buah bibir publik.

2. Bagian Argumentasi

Bagian penting yang berikutnya dari sebuah teks diskusi adalah argumentasi. Di dalam teks diskusi, jenis argumentasi ini bisa digolongkan ke dalam dua jenis bagian utama yakni pro dan kontra.

Argumentasi yang pro umumnya berbentuk dukungan atau pendapat yang mendukung terhadap isu-isu yang sedang dibahas. Penyampaian argumentasi persetujuan ini tentunya juga disampaikan dengan berdasarkan pada data, latar belakang, dan lain sebagainya agar argumentasi tersebut menjadi semakin kuat.

Jenis argumen kedua adalah yang kontra dengan isu yang sedang diangkat. Sesuai namanya, argumentasi ini akan berisi pendapat dan pernyataan-pernyataan yang menentang atau tidak menyetujui terhadap jalannya suatu isu yang sedang dibahas.

3. Kesimpulan Teks Diskusi

Bagian selanjutnya yang juga tidak kalah penting dalam sebuah teks diskusi adalah kesimpulan. Setelah mencari isu dan juga saling memunculkan argumentasi masing-masing, nantinya diskusi pun akan diakhiri dengan penyampaian kesimpulan.

Umumnya, isi dari kesimpulan tersebut adalah berupa kesepakatan, solusi, dan bahkan juga rekomendasi terkait dengan permasalahan yang diangkat dalam bagian isu. Jadi kesimpulan ini nantinya akan menjadi jalan keluar bagi pihak yang mendukung maupun yang kontra dengan tema isu yang sedang dibahas dalam diskusi tersebut.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Virtual Jarak Jauh

Setelah mengetahui secara detail mengenai teks diskusi, kini Anda pun bisa mengetahu salah satu contoh teks diskusi tentang pembelajaran virtual jarak jauh. Agar lebih jelas, bisa dilihat dalam uraian pemaparan berikut ini.

Isu Tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membahas tentang proses pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran secara daring ini akan dilakukan sebagai bentuk pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet.

Kemudian, setelah berjalan beberapa waktu pihak Kemendikbud pun mulai mempertimbangkan pertemuan tatap muka di sekolah-sekolah. Pemerintah pun kemudian memberikan wewenang kepada pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua siswa terkait pembelajaran tatap muka. 

Apabila semua sepakat maka pembelajaran jarak jauh akan dihentikan dan pembelajaran tatap muka pun kembali dilanjutkan. Namun tetap ada syarat dan harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Argumen yang Mendukung

Keputusan untuk menggelar pembelajaran jarak jauh ketika Covid-19 melanda dirasa sudah menjadi opsi yang tepat. Tentu saja dalam rangka untuk menekan penyebaran virus corona secara lebih luas lagi terutama dikalangan anak-anak.

Selain itu, keputusan untuk menghentikan pembelajaran jarak jauh dan menggantinya dengan tatap muka juga sudah tepat. Mengingat bahwa sudah dua semester para siswa menerima pembelajaran secara online. Proses pembelajaran online dinilai kurang efektif dan bahkan memberatkan para siswa dengan banyaknya tugas online yang dibebankan guru dan sekolah.

Argumen yang Menentang

Pertemuan tatap muka 100% dirasa masih belum tepat mengingat angka infeksi terbilang masih tinggi. Terlebih sekarang ini ada banyak varian virus yang bisa menyerang banyak orang tak terkecuali anak-anak. Meskipun wilayah sudah masuk ke zona hijau, namun hal tersebut tidak menjamin penyebaran virus akan terhenti.

Kesimpulan Teks Diskusi

Pemerintah melalui Kemendikbud mengizinkan digelarnya pembelajaran tatap muka dengan beberapa syarat. Mengingat banyaknya tugas yang diterima selama pembelajaran online, sudah seharusnya jika Kemendikbud merumuskan kurikulum atau panduan pembelajaran jarak jauh agar bisa menjadi acuan setiap sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan secara daring.

Itulah pembahasan lengkap mengenai contoh teks diskusi tentang pembelajaran virtual jarak jauh yang perlu Anda ketahui. Kini Anda bisa mengetahui secara lebih lengkap dan mendetail terkait apa itu teks diskusi dan seluk-beluknya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button